Sekilas Tentang Desa Glonggong

Suasana Alam Desa Glonggong

Geografi

Desa Glonggong terletak pada titik koordinat – 6.756165, 111.124335. Sebagaimana desa-desa lainnya di Kecamatan Jakenan, Desa Glonggong terletak di dataran rendah. Bahkan karena berdekatan dengan Sungai Juwana, desa ini, menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

Desa Glonggong berbatasan dengan :

Desa Glonggong merupakan perlintasan Jalan Raya JakenanWinong yang memiliki percabangan ke arah Kota Pati dan dibelah oleh Sungai Sentul.

Perekonomian

Sebagian besar penduduk Desa Glonggong menggantungkan hidup dari usaha pertanian. Namun tidak sedikit pula yang memilih untuk merantau maupun menjadi buruh di berbagai industri di Pati maupun Juwana. Sebagian lagi berprofesi sebagai pedagang dengan membuka aneka kios/toko/warung.

Di pusat desa (pertigaan Jakenan-Winong-Pati), menjadi arena pasar tiban setiap pagi hari mulai pukul 02.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB.

Pendidikan

Di desa Glonggong terdapat fasilitas pendidikan formal yaitu Sekolah Dasar Negeri dan SMP Negeri 02 Jakenan.

Selain itu juga terdapat pendidikan non formal yang meliputi PAUD/TK, TPQ AN NUR, dan lembaga  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang didalamnya pendidikan Kelompok Belajar Paket C.

Tempat Ibadah

Di Desa Glonggong terdapat fasilitas ibadah, yaitu Masjid Jami’ sejumlah 1 buah, Musholla sejumlah 10 buah dan Gereja 1 buah.

Lembaga Desa

Desa Glonggong dipimpin seorang kepala desa dibantu seorang sekretaris desa, seorang kepala dusun (kadus), 2 orang kepala urusan (kaur), 3 orang kepala seksi (kasi) dan 6 orang staf.

Desa memiliki Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang beranggotakan 9 orang, 2 RW, 15 RT. Lembaga lainnya adalah LPMD dan karang taruna.

Pemerintah Desa Glonggong juga telah memiliki sebuah BUMDes yang bernama BUMDes “SEJAHTERA” yang bergerak dibidang usaha dana bergulir (UED-SP dan UP2K PKK), usaha rintisan ternak kambing dan penggemukan sapi.

 

Penulis  :  Winardi Dwi Jadmiko

Editor    : Winardi Dwi Jadmiko

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan