Kader Kesehatan Desa Glonggong Kec. Jakenan Sukseskan Program Eliminasi Penyakit Kaki Gajah

Foto Kader Desa sedang memberikan obat filariasis kepada warga Desa Glonggong

Glonggong, Pati – Bulan Oktober merupakan bulan eliminasi penyakit kaki gajah. Program dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini adalah upaya pemerintah untuk meminimalkan dan mencegah penyakit kaki gajah (filariasis).

Desa Glonggong Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati pada pelaksanaan program eliminasi filariasis tahun ini menerjunkan 25 orang kader yang terdiri dari kader kesehatan desa, kader PKK dan dibantu perangkat desa. Hal ini dilakukan untuk mensukseskan bulan eliminasi penyakit kaki gajah dan sebagai wujud peranan aktif desa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan keluarga.

Program  eliminasi filariasis tahun 2018 merupakan tahun keempat pelaksanaan eliminasi filariasis yang direncanakan akan dilakukan selama 5 tahun berturut-turut. Sasaran program ini adalah semua warga Desa Glonggong yang telah berusia 2 – 70 tahun yang berjumlah lebih dari 2000 orang  yang dibagi dalam 2 pos/tempat pemberian obat.  Agar  kegiatan tersebut bisa berjalan secara efektif, para kader juga melakukan jemput bola yaitu secara langsung mendatangi rumah warga untuk memberikan obat filariasis bagi mereka yang tidak bisa datang ke pos pelaksanaan pemberian obat filariasis dan memastikan obat tersebut benar-benar diminum oleh warga.

Penyakit kaki gajah atau disebut lymphatic filariasis disebabkan oleh cacing Filariodidea yang menginfeksi kelenjar getah bening. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan, dan alat kelamin, baik pada perempuan maupun laki-laki. Penyakit kaki gajah bukanlah penyakit yang mematikan, namun ia dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan juga memalukan.

Cacing ini masuk ke tubuh manusia dengan perantara nyamuk. Berbeda dengan penyakit DBD atau Malaria yang hanya ditularkan oleh satu jenis nyamuk tertentu, penyakit Filariasis dapat ditularkan oleh semua jenis nyamuk, karena semua jenis nyamuk bisa menularkan penyakit kaki gajah, maka pencegahan yang perlu dilakukan adalah pemberantasan sarang nyamuk, menghindari gigitan nyamuk dan minum obat pencegah kaki gajah yang telah disediakan pemerintah, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dengan tanpa biaya artinya obat ini diberikan kepada masyarakat secara gratis.

 

Penulis  : Winardi Dwi Jadmiko

Editor    : Winardi Dwi Jadmiko

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan