Kelas Senam Hamil Desa Glonggong

Foto Peserta Senam Hamil Bersama Bidan Desa, Kader Kesehatan Desa dan KPMD Desa Glonggong

Glonggong, Pati – Sudah sekitar tiga tahun ini Bidan Desa Glonggong Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati, Jawa Tengah mengadakan kelas senam khusus untuk ibu-ibu hamil. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari fasilitas kesehatan (faskes) Puskesmas Kecamatan Jakenan.   Kegiatan  ini adalah salah satu upaya perhatian dan pembelajaran terhadap kesehatan dan keselamatan ibu hamil dalam mempersiapkan kelahirannya. Ibu hamil  selama kehamilannya agar tetap melakukan olah raga yang bisa mendukung kesehatan ibu hamil terutama yang mempunyai efek positif terhadap proses kelahiran sang bayi.

Kelas senam ibu hamil di Desa Glonggong dikoordinir oleh Ibu Anik Sussanti, Amd. Keb. selaku bidan desa. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah ibu bidan desa dan secara rutin sedikitnya sekali dalam sebulan dan harapannya para peserta bisa melakukan senam hamil secara mandiri dirumah diluar jadwal kelas. Peserta kegiatan ini adalah para ibu hamil yang ada di Desa Glonggong. Sampai dengan saat ini peserta mencapai 15 orang.

Menururt penjelasan Ibu Anik selaku Bidan Dsa Glonggong, salah satu olah raga yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah senam hamil karena merupakan terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik maupun mental untuk menghadapi persalinan yang cepat, aman dan spontan. Senam hamil biasanya dimulai sejak usia dini, namun biasanya dilakukan saat kehamilan memasuki trisemester ketiga, yaitu sekitar usia 28-30 minggu kehamilan. Selain untuk menjaga kebugaran, senam hamil juga diperlukan untuk meningkatkan kesiapan fisik dan mental calon ibu selama proses persalinan.

Selain itu, senam hamil sangat penting karena senam hamil sangat bermanfaat bagi para ibu hamil karena senam hamil mempunyai tujuan melatih teknik pernafasan untuk menghadapi persalinan, memperkuat elastisitas otot, memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, senam ini juga membantu persalinan sehingga ibu hamil dapat melahirkan tanpa kesulitan  serta menjaga ibu dan bayi sehat setelah melahirkan.

Ayo ibu-ibu yang sedang hamil mari tetep selalu olah raga……

 

Penulis : Winardi Dwi Jadmiko

Editor : Winardi Dwi Jadmiko

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan