Ternak, Sebuah Rintisan Usaha BUMDes “SEJAHTERA” Desa Glonggong

Glonggong, Pati – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) SEJAHTERA Desa Glonggong Kabupaten Pati  Jawa Tengah, berdiri pada tahun 2015. Pada awalnya berdirinya BUMDes SEJAHTERA merupakan respon atas kebijakan Pemerintah Kabupaten Pati, dalam hal ini Bapermades (sekarang Dispermades), agar setiap desa mempunyai sebuah badan usaha yang bisa mendukung atau memperkuat kegiatan perekonomian desa.  Adanya BUMDes di Desa Glonggong juga mempunyai tujuan untuk mengelola dana yang bersumber dari Dana Desa  sebagai dana penyertaan modal dari pemerintah desa.

Awalnya, kegiatan BUMDes SEJAHTERA bergerak dibidang perguliran, yaitu mengelola dana bergulir untuk UP2K PKK dan UED SP. Pada tahun 2017, menggunakan dana penyertaan modal pemerintah desa yang bersumber dari Dana Desa, BUMDes SEJAHTERA mulai merintis usaha ternak kambing. Rintisan usaha ternak kambing ini, BUMDes menggandeng dan bermitra dengan Bapak Nadi, seorang warga desa yang mempunyai kemampuan memelihara kambing.  Dengan kemitraan tersebut, kambing  dipelihara dirumah warga desa dan pemelihara bertanggung jawab atas ternak tersebut.

Pola kerjasama ini berdasarkan sistem bagi hasil atas hasil penjualan kambing, artinya hasil penjualan dikurangi modal dan keuntungannya dibagi sesuai kesepakatan antara pemilik modal (BUMDes) dengan pemelihara ternak. Bentuk kemitraan ini saling menguntungkan. Bagi BUMDes, selain mendapat bagian keuntungan juga meminimalkan resiko kehilangan modal (capital lose) sehingga dalam kondisi normal modal BUMDes akan tetap aman dan bagi pemelihara ternak akan mendapatkan tambahan penghasilan.

Kepala Desa Glonggong, Rukin Prasetyo, S.H. dan Pengurus BUMDes SEJAHTERA berharap agar rintisan usaha ini bisa berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat. Harapannya, bila rintisan usaha ternak kambing ini berhasil, Pemerintah Desa Glonggong berencana menambah penyertaan modalnya agar usaha ternak bisa berkembang serta berkelanjutan atau bahkan akan mencoba melakukan usaha ternak lainnya, misalnya sapi.

 

Penulis   : Winardi Dwi Jadmiko

Editor     : Winardi Dwi Jadmiko

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan