Musyawarah Desa, Wadah Aspirasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Desa

Suasana Musyawarah Desa Glonggong 29/10/2018

Glonggong, Pati, Jawa Tengah – Pemerintah Desa Glonggong bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada Senin malam (29/10/2018) menyelenggarakan musyawarah desa yang bertempat di Gedung Pertemuan Kantor Desa Glonggong.

Musyawarah desa ini mempunyai dua agenda utama, yaitu pertama, membahas persiapan pelaksanaan kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) yang dibiayai dari Dana Desa (DD) Tahun 2018 dan kedua, penggalian gagasan usulan kegiatan desa sebagai bahan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (musrenbangdes) Tahun 2019. Selain membahas dua agenda pokok tersebut, forum ini juga merupakan sarana informasi perkembangan pembangunan desa dan penyampaian aspirasi warga Desa Glonggong terhadap masalah-masalah yang terjadi  dalam kehidupan bermasyarakat.

Elemen masyarakat tampak menghadiri musyawarah desa ini, yaitu dari unsur pemerintah desa, anggota BPD, Ketua RT, Ketua RW, Pengurus LPMD, Pengurus Karang Taruna, unsur PKK, KPMD dan unsur tokoh masyarakat. Musyawarah dipimpin oleh Ketua BPD, yaitu Sdr. Bambang Edi Jatmiko, S.PAK. dan  yang menjadi narasumber adalah Sdr. Rukin Prasetyo, S.H. selaku Kepala Desa Glonggong, Sdr. Wahyudi sebagai ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) dan Sdr. Sumarni, sebagai koordinator PTPKD Desa Glonggong.

Musyawarah desa berjalan secara demokratis dan kekeluargaan. Peserta aktif menyampaikan usulan dan pendapat terkait pembahasan agenda musyawarah. Setelah peserta musyawarah berdiskusi dan saling memberikan argumentasi, forum musyawarah menghasilkan beberapa keputusan yang akan segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Desa Glonggong dengan harapan menjadi solusi terhadap masalah-masalah warga.

Terkait dengan rencana pelaksanaan kegiatan Padat Karya Tunai, peserta sepakat menyerahkan hal-hal yang bersifat teknis kepada Tim Pelaksana Kegiatan yang dibantu oleh masing-masing Ketua RT untuk mengatur dan mengarahkan warga yang berminat ikut bekerja dalam kegiatan padat karya tersebut.

 

Penulis  :  Winardi Dwi Jadmiko

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan