Pelaksanaan Padat Karya Tunai Penataan Embung Desa

Foto Kegiatan Padat Karya Tunai yang Dibiayai dari Dana Desa Tahun 2018 Desa Glonggong Kec. Jakenan, Pati, Jawa Tengah/ 01112018

Glonggong, Pati, Jawa Tengah – Warga Desa Glonggong Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati, Jawa Tengah pada hari Kamis (1/11/2018) melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) yaitu penataan embung desa yang berada di timur desa. Kegiatan ini menggunakan dana yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2018. Penataan embung ini merupakan satu dari enam kegiatan padat karya yang direncanakan oleh Pemerintah Desa.

Penataan embung ini menggunakan tenaga manusia dan tidak menggunakan alat berat. Warga menggunakan cangkul, ekrak dan alat sederhana lainnya. Pelaksanaan padat karya ini melibat

Foto Peserta Padat Karya Tunai dari Unsur Perempuan Sebagai Wujud Kesetaraan Gender

kan lebih dari 150 orang warga Desa Glonggong yang terbagi dalam beberapa kelompok kerja yang dikoordinir oleh para ketua RT dan TPK dibantu aparat desa lainnya sebagai pengarah kerja. Tenaga kerja berasal dari masing-masing RT yang ada di Desa Glonggong. Banyaknya warga yang tergabung dalam padat karya bertujuan agar dana yang disediakan untuk upah bisa terserap secara maksimal dengan demikian akan membantu warga untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Kegiatan ini memprioritaskan warga yang masuk kategori miskin dan/atau warga yang sedang tidak bekerja sehingga kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kesempatan kerja bagi mereka. Peserta padat karya juga berasal dari kelompok perempuan. Ini menunjukkan bahwa Desa Glonggong juga berupaya mewujudkan adanya kesetaraan gender.

Pemanfaatan embung selama ini bukan untuk pertanian karena kapasitas embung yang kecil sehingga debit air tidak mampu mencukupi kebutuhan pertanian. Sebagian warga Desa Glonggong memanfaatkan air embung desa untuk keperluan sehari-hari, misalnya mandi, mencuci dan untuk memelihara ternak. Warga melakukannya dengan cara memompa air embung/menyedot dengan mesin pompa air kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga melalui pipa paralon. Terutama pada musim kemarau keberadan embung sangat membantu masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan air.

Kondisi embung yang kurang terawat akan mengurangi fungsi embung. Berdasarkan musyawarah disepakati untuk melakukan penataan embung desa yang dibiayai dari Dana Desa Tahun 2018 melalui kegiatan padat karya tunai.

Kepala Desa Glonggong, Rukin Prasetyo, S.H. menjelasakan bahwa Kegiatan ini mempunyai beberapa tujuan utama yaitu pertama, bila musim hujan sudah datang diharapkan embung mampu menampung cadangan air secara optimal. Kedua, dengan kegiatan padat karya ini harapannya akan memberikan pekerjaan bagi warga terutama para petani yang selama musim kemarau tidak bekerja agar bisa mendapat tambahan penghasilan, ketiga adalah meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap pembangunan desa dan tujuan keempat adalah sebagai sarana mengajak warga untuk selalu menjaga kebersamaan, kekompakan, kerukunan, kekeluargaan dan kegotongroyongan sebagai elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

 

 

Penulis   :  Winardi Dwi Jadmiko

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan