TPQ AN NUR, Tempat Ngaji Anak Desa

Foto Sejumlah Murid TPQ AN NUR Desa Glonggong Kec. Jakenan Kab. Pati

Glonggong, Pati, Jawa Tengah – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) AN NUR Desa Glonggong Kecamatan Jakenan Kab. Pati  berdiri tahun 1991. Proses mengajar dilakukan di kelas sederhana yang berdiri diatas tanah wakaf dari keluarga Bapak Hadi Utomo. Pada awal berdirinya TPQ AN NUR hanya memiliki murid sekitar 20.

Foto Proses Pengajaran di TPQ AN NUR

Pada tahun 2004, TPQ AN NUR mendapat bantuan gedung 6 lokal ruang kelas yang berasal dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan. Pada tahun ini TPQ AN NUR mempunyai murid sejumlah 120 anak yang terbagi dalam 6 kelas. Murid-murid ini berasal dari warga Desa Glonggong.

Pengajaran di TPQ AN NUR di kelas TPQ yang berada di lingkungan RT 02 RW 01 ini menggunakan metode Yanbua. Pelajaran diselenggarakan mulai hari Senin sampai dengan hari Sabtu. Hari Jum,at dan hari Minggu libur. Pelajaran dimulai pukul 14.00 dan selesai pada pukul 15.30. TPQ AN NUR beberapa kali juga sudah berhasil meluluskan dan mewisuda  anak didiknya. Sampai dengan tahun tahun 2017 berhasil meluluskan lebih dari 80 anak.

Pengelolaan TPQ AN NUR oleh dua lembaga, yaitu Dewan Pengurus yang bertanggung jawab dan membantu jalannya TPQ secara keuangan dan kebijakan umum dan Dewan Guru yang bertanggung jawab secara teknis pelaksanaan pengajaran baca tulis Al Quran serta bertanggung jawab terhadap kualitas murid.

Kendala yang dihadapi TPQ AN NUR adalah hal keuangan. Selama ini pengurus berupaya keras mendapatkan dana untuk mendukung operasional TPQ. Langkah yang dilakukan pengurus adalah mencari donatur dan sumber-sumber lainnya yang berasal dari iuran orang tua murid.  Bantuan juga datang berasal dari Pemerintah Desa Glonggong melalui APBDes dan dari Kepala Desa Glonggong, Bapak Rukin Prasetyo, S.H. serta mendapat bantuan tetap dari seorang tokoh desa yang telah berhasil, yaitu Ibu Hj. Kartina Sukawati yang lebih akrab dengan panggilan Bu Ina.

Foto Proses Pengajaran di TPQ AN NUR

Saat ini Jumlah guru atau ustadz/ustadzah berjumlah 8 orang dengan gaji yang sangat minim. Namun demikian para guru tetap semangat dalam mengajar karena dilandasi ibadah dan dakwah.

 

Penulis  :  Winardi Dwi Jadmiko

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan