Monitoring BUM DESA “SEJAHTERA” Desa Glonggong

Foto Kegiatan Monitoring BUM Desa SEJAHTERA Desa Glonggong

Glonggong, Pati, Jawa Tengah – Tim monitoring dan evaluasi BUM Desa oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati, Jawa Tengah pada hari Rabu (07/11/2018) melakukan kegiatan monitoring di BUM Desa “SEJAHTERA” Desa Glonggong Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Tim monitoring terdiri dari unsur Dispermades Kabupaten Pati dan Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi  Desa (TA PED P3MD).  Unsur dari Dispermades diwakili oleh Bp. Aris Haryono dan Bp. Totok Sugiarto dan Bp. Abdul Muhid selaku TA PED P3MD Kabupaten Pati.

Foto Kegiatan Pembinaan Administrasi Kelembagaan dan Pembukuan Keuangan BUM Desa SEJAHTERA Desa Glonggong

Monitoring dilakukan di Balai Desa Glonggong yang dihadiri oleh Pengurus BUM Desa, Kepala Desa Glonggong, Perangkat Desa Glonggong dan Pengurus Unit Usaha lainnya. Kegiatan ini juga didampingi oleh stakeholder tingkat kecamatan yang diwakili oleh Kasi PMD Kecamatan Jakenan  dan para Pendamping Desa (PD) serta Pendamping Lokal Desa (PLD).

Bp. Aris Haryono menjelaskan bahwa alasan dan tujuan kegiatan monitoring BUM Desa adalah untuk melakukan pemetaan dan evaluasi keberadaan BUM Desa yang ada di Kabupaten Pati, khususnya BUM Desa “SEJAHTERA” Desa Glonggong. Pemetaan ini akan menghasilkan kesimpulan mengenai tingkat perkembangan BUM Desa, yaitu tingkat dasar, tingkat tumbuh, tingkat berkembang dan tingkat maju. Setelah mengetahui tingkat perkembangan BUM Desa diharapkan bisa dilakukan upaya-upaya tindak lanjut pendampingan dan pengembangan BUM Desa sesuai dengan tingkatan masing-masing BUM Desa.

Terkait hal tersebut, BUM Desa “SEJAHTERA” Desa Glonggong juga perlu melakukan upaya-upaya pembenahan dan penguatan, yaitu penguatan bidang lembaga/organisasi, administrasi dan penguatan  usaha. BUM Desa “SEJAHTERA” juga diharapkan agar mampu mempunyai prioritas produk unggulan. Pengurus BUM Desa dan aparat desa juga berharap agar kegiatan pembinaan dan monitoring ini bisa berjalan secara berkelanjutan serta menjadi agenda rutin dalam rerangka pendampingan pengembangan BUM Desa.

 

Penulis : Winardi Dwi Jadmiko

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan