Posyandu, Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan Balita

Foto Kegiatan Posyandu Mawar 1 Desa Glonggong Kec. Jakenan - Pati

Glonggong, Pati, Jawa Tengah – Desa Glonggong Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati mempunyai tiga tempat penyelenggaraan Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu), yaitu Mawar 1, Mawar 2 dan Mawar 3 yang semua itu merupakan layanan untuk balita dan ibu hamil.

Foto Bidan Desa Glonggong memberikan Suplemen/vitamin kepada Balita di Posyandu Mawar 2

Posyandu adalah salah satu usaha meningkatkan kesehatan balita yang mengikutsertakan masyarakat sebagai kader kesehatan dalam melayani masyarakat. Pengelolaan posyandu adalah dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dalam hal ini adalah bidan desa. Tujuan posyandu untuk menurunkan angka kematian bayi, meningkatkan kesehatan balita, pemantauan terhadap kesehatan balita serta meminimalkan resiko kelahiran. Posyandu juga merupakan upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kesehatan.

Kegiatan Posyandu Desa Glonggong, masing-masing posyandu diadakan sekali dalam sebulan, yaitu pada tanggal 10, 11 dan 12. Tempat pelaksanaan pelayanan posyandu Mawar 1 berada di balai desa, pelayanan posyandu Mawar 2 berada di rumah Ibu Suwati dan pelayanan posyandu Mawar 3 du rumah Ibu Welas.

Untuk kegiatan posyandu antara lain meliputi program balita meliputi imunisasi, penimbangan, pemeriksaan kesehatan oleh bidan desa. Adanya kegiatan posyandu diharapkan para ibu mendapatkan tambahan pengetahuan tentang kesehatan balita, gizi, serta perkembangan anak. Selain itu, Posyandu juga memberi makanan tambahan kepada balita yaitu makanan berqizi dan tambahan vitamin.

Mengenai sumber dana yang digunakan posyandu adalah dari APBDes Desa Glonggong dan sudah dua tahun ini juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui program bantuan peningkatan ketahanan masyarakat.

 

Penulis  : Winardi Dwi Jadmiko

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan