Musrenbangdes, Ajang Perumusan Pembangunan Tahun 2019 Desa Glonggong

Foto dokumentasi kegiatan Musrenbangdes Tahun 2019 Desa Glonggong Kec. Jakenan Kab. Pati

Glonggong, Pati, Jawa Tengah – Pemerintah Desa Glonggong Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada Senin (03/12/2018) menyelenggarakan musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) yang membahas dan merumuskan rencana pembangunan serta kegiatan desa pada tahun anggaran 2019. Musyawarah dilakukan di Gedung Pertemuan Kantor Desa Glonggong.

Musyawarah desa ini mempunyai agenda pokok merumuskan rencana pembangunan dan kegiatan Desa Glonggong di tahun 2019 sebagai bahan penyusunan daftar kegiatan desa tahunan yang tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2019. Forum ini juga merupakan sarana informasi perkembangan pembangunan desa dan penyampaian aspirasi warga Desa Glonggong terhadap masalah-masalah yang terjadi  dalam kehidupan bermasyarakat.

Pada musrenbangdes ini berhasil merumuskan 65 usulan rencana-rencana kegiatan desa di tahun 2019 yang meliputi kegiatan bidang penyelenggaraan pemerintah desa, bidang pembangunan sarana prasarana desa, bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Sebagian besar usulan dari masyarakat didominasi usulan-usulan pembangunan infrastruktur desa, yaitu perkerasan jalan dan pembuatan talud. Namun demikian oleh pemerintah desa memfasilitasi dan mengarahkan agar pembangunan dan kegiatan tahun 2019 juga mengarah pada penguatan kegiatan pemberdayaan masyarakat terutama yang mendukung peningkatan kesehatan ibu hamil, ibu menyusui dan kesehatan balita.

Peserta yang menghadiri musyawarah ini sekitar 85 orang yang berasal dari unsur pemerintah desa, anggota BPD, Ketua RT, Ketua RW, Pengurus LPMD, Pengurus Karang Taruna, unsur PKK, KPMD, unsur tokoh masyarakat. Musyawarah dipimpin oleh Sdr. Rukin Prasetyo, S.H. selaku Kepala Desa Glonggong dan didampingi Ketua BPD, yaitu Sdr. Bambang Edi Jatmiko, S.PAK. dan  yang menjadi narasumber adalah tim dari kecamatan Jakenan yaitu Kasi PMD, Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD). Musrenbangdes juga dihadiri oleh babinkamtibmas polsek Jakenan.

Dalam arahannya, Kasi PMD dan Pendamping Desa menyampaikan bahwa pada tahun 2019 ada kenaikan besaran jumlah bantuan dari Dana Desa (DD) sehingga diharapkan usulan-usulan dari masyarakat agar bisa terakomodir dan prioritas penggunaan Dana Desa sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 16 Tahun 2018 adalah bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Oleh karena itu Dana Desa harus menyentuh pada kegiatan pemberdayaan terutama untuk peningkatan kesehatan msyarakat dan gizi balita serta menyasar pada anak stunting dan gizi buruk.

Bapak Rukin Prasetyo, S.H. selaku Kepala Desa Glonggong juga menjelaskan bahwa usulan-usulan masyarakat dalam musrenbangdes ini akan dijadikan acuan dalam menyusun RKPDes Tahun 2019. Dalam penyusunan RKPDes mendasarkan pada skala prioritas kebutuhan dan dihadapkan pada keterbatasan anggaran sehingga usulan-usulan yang belum bisa diwujudkan tahun 2019 akan diupayakan diwujudkan tahun berikutnya.

Kepala Desa Glonggong dalam kesempatan ini juga memaparkan keberhasilan dan hasil-hasil kegiatan pembangunan di tahun 2018.

Musrenbangdes juga berhasil menetapkan utusan desa yang akan mengikuti musrenbang tingkat kecamatan, yaitu Sdr. Hari Santoso, S.Pd. dan merumuskan usulan untuk diusulkan dalam musrenbang tingkat kecamatan, yaitu Peninggian Jalan Raya Glonggong sampai dengan Desa Tambahmulyo, Pelebaran Jalan Raya Glonggong sampai dengan Guyangan Pati dan Perbaikan Jembatan Sawah Kulon.

 

 

Penulis  :  Winardi Dwi Jadmiko

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan